Bahrain Kaya Karena Pariwisata

Bahrain Kaya Karena Pariwisata

daftarnegaraterkaya.web.id – Bahrain adalah salah satu negara terkaya di dunia. Selain karena lokasi Bahrain yang terletak di Teluk Persia. Dahulu pendapatan negara ini dari Hasil tambang minyak dan gas. Tapi sekarang Bahrain sudah menjamah ke bidang jasa dan pariwisata.

Baca juga : Kekayaan Negara Taiwan

Sumber utama kekayaan Bahrain sendiri sama seperti negara di jazirah Arab kebanyakan. Ya, minyak adalah alasan kenapa Bahrain makmur. Meskipun sangat tergantung terhadap minyak, namun belakangan Bahrain juga mendapatkan pemasukan lain yang lumayan besar. Misalnya dari sektor pariwisata, terutama para pelancong yang mengunjungi kota Manama atau menonton Formula 1.

Selain minyak, hal yang juga membuat penduduk Bahrain bisa hidup gemah ripah loh jenawi kalau kata orang Jawa adalah lantaran nilai mata uang mereka yang menggila. Ya, selama ini mereka menggunakan mata uang dinar yang mana nilainya lebih tinggi dari dolar. Alhasil, ketika dolar gonjang-ganjing, orang-orang Bahrain seakan tidak terpengaruh apa pun..
Nilai dinar Bahrain sendiri lumayan tinggi, jika dibandingkan dolar maka 1 dinar Bahrain sekitar $2,65. Bayangkan, seumpama kita memiliki sejuta dinar saja, maka nilainya sama seperti pegang uang $ 2,65 juta dolar yang kalau dikonversikan ke Rupiah nilainya bisa bermiliar-miliar. Dengan fakta ini, maka pantas saja kalau Bahrain itu makmur luar biasa.

Manama merupakan ibu kota Bahrain di mana raja dan keluarga tinggal, serta gedung-gedung perkantoran pemerintah berdiri. Sekilas Manama mungkin sama seperti megapolitan Arab biasanya. Namun, ada perbedaan yang sangat mencolok di sini. Ya, apalagi kalau bukan kebebasannya yang lebih tinggi.

Baca juga : Kekayaan Negara Kuwait

Alasan lain kenapa Bahrain sangat makmur meskipun hanya seluas Jakarta adalah karena jumlah utang luar negerinya yang bisa dibilang sangat sedikit. Menurut data yang dilansir oleh World Bank, Bahrain tercatat hanya memiliki utang luar negeri sekitar $ 25,2 miliar saja. Jumlah yang tidak terlalu besar jika dikomparasikan dengan total kekayaan Bahrain