Fakta Mengenai Republik Irlandia

Fakta Mengenai Republik Irlandia

Republik Irlandia – Bagimana negara Irlandia menjadi negara terkaya. Sementara kita tahu, bahwa di negara Irlandia ini selama ratusan tahun, dikenal karena adanya imigrasi para warganya. Selain itu, negara Irlandia ini juga dikenal akan terjadinya perang saudara, karya ilmiah, seperti puisi yang dihasilkan oleh negara ini, juga terkenal tragis. Bahkan, yang tak lebih menakutkan lagi, negara Irlandia, dikenal akan penyakit lepra yang diderita oleh penduduknya.

Meskipun, negara Irlandia ini dikenal dengan sederet keburukannya. Namun, sekarang lihatlah, negara ini justru berhasil menduduki peringkat kedua menjadi negara terkaya di benua Eropa. Banyak inovasi yang dilakukan oleh negara – negara yang terletak dipinggiran Eropa, yang menganut paham globalisasi dengan cara mereka sendiri – sendiri.

Perubahan pada negara Irlandia ini dimulai pada akhir tahun 1960 – an. Pada kala itu, pemerintah mulai mengadakan sekolah menengah yang gratis. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan pada anak – anak kelas bawah agar bisa menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah maupun di sekolah teknik. Pada tahun 1973, negara Irlandia bergabung dengan Uni Eropa. Hasil dari penggabungan tersebut adalah, mereka mampu mengandalkan tenaga kerja berpendidikan.

Keuntungan awal menjadi anggota Uni Eropa, pernah diraih Irlandia pada pertengahan 1980 – an. Namun, sayangnya, negara Irlandia belum memiliki suatu produk yang kompetitif untuk dihasilkan. Akibatnya banyak sarjana yang imigrasi ke luar negeri karena negara mengalami kebangkrutan.

Kemudian, negara Irlandia pun melakukan perubahan. Pemerintah, serikat pekerja, petani, dan kalangan industri bersama – sama melakukan perubahan fiskal. Selain itu, mereka juga memotong pajak korporasi hingga 12,5 %, mengurangi harga dan gaji, dan mulai mendekati para investor asing. Negara Irlandia mulai menggratiskan pendidikan tinggi untuk meningkatkan tenaga kerja berpendidikan. Hal tersebut terjadi pada tahun 1996.

Dan sekarang, hasil yang dilakukan oleh negara Irlandia, menjadi sangat fenomenal. Terdapat 9 dari 10 perusahaan farmasi yang paling besar di dunia, memiliki pabrik di Irlandia. Selain itu, 7 dari 10 perusahaan yang membuat peranti lunak ada di negara Irlandia. Bahkan, investasi Amerika di negara Irlandia sangat banyak.

Dari semua kondisi tersebut, pendapatan pajak pemerintah mulai meningkat. Intel juga mulai membuka pabrik chip pertamanya di Irlandia, pada tahun 1993. Lebih menakjubkan lagi, bahwa dua juta angkatan kerja di Irlandia, tidak ada satupun yang tidak memiliki pekerjaan. Bahkan, termasuk 200 ribu pekerja asing yang mendatangi Irlandia untuk mencari pekerjaan.

Beberapa hal yang bisa dijadikan cerminan bangsa – bangsa di dunia, tentang kemajuan ekonomi yang dimiliki oleh negara Irlandia, yaitu sebagai berikut.

Pendidikan gratis pada tingkat menengah dan tingkat tinggi.
Pajak korporasi yang sederhana, rendah, dan bersifat transparan.
Aktif untuk mencari dan bekerja sama dengan perusahaan global.
Membuka perekonomian untuk kompetisi.
Berbicara dengan menggunakan bahasa inggris.
Menciptakan suatu kebijakan fiskal yang tertib.
Menciptakan konsensus keenam hal di atas dengan buruh dan manajemen.
Setia
Inilah beberapa hal yang patutu dicontoh oleh negara – negara yang ada di dunia untuk menjadi negara yang maju, kaya, dan makmur. Irlandia telah membuktikan dengan melaksanakan kedelapan hal tersebut, kini mereka telah menjadi negara yang terkaya nomor dua di dunia.

Demikian penjelasan tentang selayang pandang dari negara Irlandia. Di mana dalam pembahasan tersebut terdapat beberapa hal yang patut dijadikan pembelajaran bagi kita semua, terutama bangsa agar bisa menjadi negara yang bisa mengurangi pengangguran. Selanjutnya, alangkah baiknya, kita mengenal tentang sistem pemerintahan dan berbagai hal yang berkaitan dengan negara Irlandia. Sehingga, bisa menjadikan negara ini menjadi negara yang terkaya di Eropa.

Negara : Republik Irlandia
Ibukota : Dublin
Area : 70.273 km2
Populasi : 4.609.600 Jiwa
Bahasa : Irlandia Dan Inggris
Pemimpin Negara : Michael D. Higgins
Waktu : ( GMT ) (UTC+0)
Kode Tlp : +353
Mata Uang : Euro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *