minyak dan gas menjadi faktor utama, Brunei Darussalam

Minyak Dan Gas Menjadi Faktor Utama, Brunei Darussalam

Minyak Dan Gas Menjadi Faktor Utama, Brunei Darussalam – Adanya ladang minyak dan gas menjadi faktor utama besarnya pendapatan negara ini. Udah gitu jumlah penduduknya jauh lebih sedikit dibanding jumlah penduduk Indonesia.

Besaran gaji di Brunei bisa dibilang beda-beda, tergantung jenis pekerjaannya. Namun gaji minimal yang diberikan setiap bulannya sekitar 800 dolar Brunei atau sekitar Rp 8,2 juta.

Ekonomi kecil yang kaya ini adalah suatu campuran kewirausahaan dalam negeri dan asing, pengawalan kerajaan, kebajikan, serta tradisi kampung. Pengeluran minyak mentah dan gas alam terdiri dari hampir setengah PDB. Pendapatan yang cukup besar pekerjaan luar negeri menambah pendapatan daripada pengeluaran dalam negeri. Kerajaan membekali semua layanan pengobatan dan memberikan subsidi beras dan perumahan.

Baca Juga :
singapura dengan perdagangan internasionalnya
gaji minimal di luksemburg
bukan arab saudi melainkan qatar

Pemimpin-pemimpin Brunei merasa bimbang bahwa keterpaduan dengan ekonomi dunia yang semakin bertambah akan mempengaruhi perpaduan sosial dalam, walaupun Brunei telah memainkan peranan yang lebih kentara dengan menjadi ketua forum APEC pada tahun 2000. Rancangan-rancangan yang dinyatakan untuk masa hadapan termasuk peningkatan keterampilan tenaga buruh, pengurangan pengangguran, pengukuhan sektor-sektor perbankan dan pariwisata, serta secara umum, peluasan lagi asas ekonominya. Sistem Penerbangan Brunei Diraja, sistem penerbangan negara, sedang mencoba menjadikan Brunei sebagai pusat perjalanan internasional antara Eropa dan Australia/Selandia Baru. Ia juga mempunyai layanan ke tujuan-tujuan Asia yang utama.

Ekonomi Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas dengan pendapatan nasional yang termasuk tinggi di dunia satuan mata uangnya adalah Brunei Dolar yang memiliki nilai sama dengan Dolar Singapura.