Profil Negara Belanda

Profil Negara Belanda

Daftarnegaraterkaya.web.idBelanda adalah negara kecil dengan dua belas provinsi yang terletak di Eropa barat laut, di pantai Laut Utara. Nama populernya, Holland, sebenarnya adalah nama provinsi bersejarah yang telah lama menjadi pusat politik dan ekonomi negara tersebut. Belanda sekarang dibagi menjadi utara dan selatan Belanda.

Belanda (juga disebut Netherlands) adalah salah satu negara paling padat penduduknya di Eropa dan di dunia. Orang Belanda menyebut dirinya sendiri sebagai Netherlander atau Hollander. Dalam bahasa Inggris, mereka dikenal sebagai Dutch.

“Netherlands” berarti “negara rendah.” Nama ini cocok, karena hampir seperempat dari wilayah negara ini pada kenyataannya terletak di bawah permukaan laut. Dan hampir setengah dari penduduk Belanda sekarang hidup di darat yang telah direklamasi dari laut. “Tuhan menciptakan dunia, tapi orang Belanda membuat Belanda” adalah sebuah pepatah lama yang mengandung kebenaran.

Penduduk

Orang Belanda sebagian besar adalah keturunan bangsa Jerman yang menetap di wilayah tersebut di zaman kuno. Tapi Belanda juga telah menjadi tempat perlindungan bagi imigran dari berbagai negeri. Di antara mereka adalah orang-orang Yahudi yang diusir dari Spanyol dan Portugal di tahun 1500-an dan dianiaya di Jerman pada tahun 1900-an. Imigran terbaru datang dari bekas koloni Belanda yang sekarang menjadi negara Indonesia dan Suriname merdeka.

Bahasa
Bahasa Belanda adalah bahasa utama Belanda. Ini adalah bentuk dari bahasa Jerman Rendah yang diucapkan di wilayah utara. Bahasa ini pertama kali diucapkan oleh kaum Frank. Kaum Frank adalah orang-orang Jerman yang bermigrasi dari timur dan menetap di sana di tahun 300-an. Bahasa Belanda terkait dengan bahasa Jerman dan Inggris modern.

Di provinsi utara Friesland, bahasa Frisian diterima sebagai bahasa resmi bersama dengan bahasa Belanda standar. Bahasa Frisian adalah bahasa Jermanik yang paling dekat dengan bahasa Inggris. Orang Belanda juga diajarkan untuk berbicara bahasa Inggris.

Agama
Orang Belanda terbagi rata antara pemeluk Katolik Roma dan Protestan. Orang Katolik cenderung hidup di selatan, sedang orang Protestan hidup terutama di utara dan barat. Sekte Protestan tunggal terbesar di negara ini adalah Gereja Reformasi Belanda. Belanda juga merupakan rumah bagi sejumlah kecil orang-orang Yahudi dan Muslim. Belanda memiliki tradisi panjang dalam hal toleransi beragama. Kebebasan beribadah dijamin dalam konstitusi.

Baca juga : Negara Islandia

Pendidikan
Sekolah-sekolah Belanda didukung pemerintah. Anak-anak diwajibkan untuk bersekolah dari usia 4 sampai 16 tahun. Setelah sekolah dasar, mereka dapat meneruskan ke salah satu dari beberapa jenis sekolah menengah, tergantung kemampuan. Sekolah-sekolah ini melengkapi siswa dengan pendidikan umum atau kejuruan (perdagangan) atau mempersiapkan mereka untuk memasuki universitas. Leiden University, yang tertua di negara ini, didirikan pada tahun 1575.

Makanan dan Minuman
Orang Belanda kebanyakan ramah dan sangat mencintai negaranya. Makanan Belanda sederhana dan lezat. Keju seperti Gouda dan Edam (nama untuk kota-kota di mana mereka diproduksi) dinikmati di seluruh dunia. Hidangan musim dingin yang khas adalah erwtensoep, yakni sup kacang kental.

Makanan Indonesia sangat populer. Salah satunya adalah rijsttafel (“rice table”), atau nasi dengan berbagai daging, ikan, dan masakan sayuran yang berbumbu. Masakan lainnya adalah nasi goreng, atau nasi goreng dengan udang, daging babi, atau ayam dan sebagainya. Ikan, terutama herring asin, merupakan bagian penting dari makanan Belanda. Belanda juga dikenal karena berbagai jenis bir lager dan ale.

Bentang Alam

Belanda berbatasan dengan Jerman di sebelah timur, Belgia di sebelah selatan, dan Laut Utara di sebelah barat dan utara.

Belanda dapat dibagi menjadi tiga wilayah, yakni daerah bukit pasir sempit yang membentang di sepanjang pantai Laut Utara; dataran rendah barat; dan dataran tinggi timur yang sedikit lebih tinggi. Dataran rendah barat, di mana sebagian besar orang hidup di kota-kota yang sangat dekat satu sama lain, terletak di bawah permukaan laut. Wilayah ini dilindungi dari laut oleh bukit-bukit pasir serta tanggul-tanggul dan bendungan. Dataran tinggi timur memiliki lanskap yang bergulir perlahan. Titik tertinggi ada di provinsi Limburg di tenggara.

Danau, Sungai, dan Kanal
Banyak danau mewarnai lanskap di utara. Sungai berkelok-kelok membelah daratan ke Laut Utara. Kanal-kanal menghubungkan berbagai bagian negara. Daerah delta barat dibentuk oleh tiga sungai terbesar, yakni Rijn (Rhine), dengan cabang-cabangnya yang banyak; Maas (Meuse); dan Schelde. Banyaknya sungai dan kanal membuat Belanda menjadi negara dengan salah satu jaringan saluran air terpadat di dunia.