Categories: News

5 Negara Dengan Penghasil Teh Terbesar Di Dunia

daftarnegaraterkaya – Sebagaimana kopi, teh adalah minuman yang wajib hadir setiap hari, utamanya pagi hari. Menurut catatan sejarah, teh telah ada sejak abad ke-16. Dimana China pada masa Dinasti Shang sebagai pelopor dari pemanfaatan teh di dunia.

Pada saat itu, teh bukan sebagai minuman yang dianggap biasa, melainkan hanya digunakan sebagai ramuan obat-obatan.

Seiring berjalan waktu, teh pun populer di Inggris pada abad ke-17. Hingga Inggris memperkenalkan teh pada India dengan tujuan menyaingi monopoli perdagangan teh dari China. Kini, bukan China, Inggris atau India saja negara penghasil teh itu. Dilansir dari World Atlas dan Specialty Tea Alliance, inilah 10 negara penghasil teh terbesar di dunia!

1. Sebagai pelopor, China menduduki peringkat pertama negara penghasil teh terbesar di dunia. FAO Database merilis teh yang dihasilkan China sekitar 2.473.443 ton per tahun

Provinsi Fujian, Yunnan, Hubei, Sichuan dan Provinsi Hunan adalah daerah penghasil teh terbesar di negara Tirai Bambu tersebut. Varietas teh yang populer di tanam di sana meliputi teh hijau, teh oolong, teh putih, teh puerh, teh kuning dan teh melati.

2. Dengan kisaran sekitar 1.325.050 ton per tahun, India dinobatkan sebagai negara penghasil teh terbesar kedua di dunia
British East India Company mengkhususkan suatu lahan di wilayah Asia Timur untuk penananam teh agar lebih terkonsentrasi. Daerah penghasil teh terbesar di India meliputi Assam, Benggala Barat, Tamil Nandu, Kerala dan Karnataka. Varietas teh yang ditanam di India biasanya teh darjeeling, nilgiri, dan teh assam. Hebatnya lagi, 70 persen teh yang dihasilkan India dikonsumsi oleh penduduknya sendiri.

3. Dengan total lahan 218.538 hektar, menjadikan Kenya penghasil teh terbesar ketiga di dunia

Yang menarik adalah, Kenya tidak memiliki perkebunan teh yang terbilang luas atau bisa dibilang melebihi satu hektar. Melainkan hanya dalam lahan pertanian kecil saja. Meski begitu, Kenya berhasil menjadi penghasil teh terbesar ketiga di dunia dengan rata-rata 439.857 ton per tahunnya.

4. Negara bagian Asia Selatan selanjutnya, Sri Lanka menjadi penghasil teh terbesar pula di dunia. Teh yang dihasilkan Sri Lanka sekitar 349.699 ton teh per tahun

Sri Lanka melakukan penanaman teh dengan metode kontur. Varietas teh yang dihasilkan Sri Lanka meliputi ceylon black, ceylon green, dan ceylon white, dengan merek dagangnya disesuaikan dengan daerah penananamannya itu sendiri, yang mana konsentrasi terbesar perkebunan teh Sri Lanka terdapat di Sabaragamuwa, Nuwara-Eliya, Dimbula, Ruhuna, Uva, Uda Pussellawa, dan Kandy.

5. Vietnam menghasilkan teh dalam kisaran 260.000 ton per tahun. Selain itu, Vietnam pun memiliki luas lahan perkebunan teh terbesar kelima di dunia yakni mencapai 123.188 hektar

Vietnam memperoduksi varietas teh hitam curl-curl sekitar 60 persen, 35 persen teh hijau dan 5 persennnya lotus dan melati. Selain itu, Vietnam pun dikenal memproduksi teh langka, khusus dan terbatas seperti teh shan tuyet.

Itulah 5 negara penghasil teh terbesar di dunia. Semoga Indonesia suatu saat nanti bisa menduduki peringkat kesatu negara penghasil teh terbanyak dan terbaik di dunia ya.

admin

Recent Posts

INI 10 RAJA/RATU TERKAYA

INI 10 RAJA/RATU TERKAYA - Bukan nya kalian sudah tau banyak raja/ratu terkaya di eropa?…

1 month ago

Rekomendasi Game Fighting Terbaik

Rekomendasi Game Fighting Terbaik - Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat banyak sekali genre permainan…

10 months ago

Pencetak Gol Tertua di Liga Champions

Pencetak Gol Tertua di Liga Champions - Saat ini sudah semakin banyak orang yang bergabung…

10 months ago

Rekomendasi Game Online Perang Terbaik

Rekomendasi Game Online Perang Terbaik - Seperti yang kita semua ketahui bahwa game perang merupakan…

10 months ago

Daftar Rekan Setim Valentino Rossi Musim Ini

Daftar Rekan Setim Valentino Rossi Musim Ini - Seperti yang kita ketahui bahwa Valentino Rossi…

10 months ago

Daftar Pemain Aktif di Liga Inggris

Daftar Pemain Aktif di Liga Inggris - Seperti yang kita ketahui bahwa Liga Inggris memiliki…

10 months ago

This website uses cookies.