5-Negara-Terkaya-di-ASEAN.

5 Negara Terkaya di ASEAN

daftarnegaraterkaya РBerikut adalah ulasan dari kami mengenai 5 negara terkaya di ASEAN.  Anda harus tahu bahwa ada beberapa negara di wilayah Asean yang termasuk ke dalam negara terkaya di wilayah Asia bahkan dunia? Berikut, 5 negara terkaya Asean di tahun 2018 berdasarkan pendapatan per kapita!

Wilayah Asia Tenggara mayoritas memiliki iklim tropis. Artinya, daerah ini memperoleh sinar matahari sepanjang tahun dan juga memperoleh curah hujan yang cukup. Oleh sebab itu, tanah di wilayah Asia Tenggara cenderung subur yang mengakibatkan berbagai macam sumber daya alam dan rempah-rempah tumbuh subur.

1. Singapura

singapura

Negara dengan perekonomian termapan, terkaya dan terbaik pertama di Asia Tenggara adalah Singapura. Bukan hanya itu saja, ternyata Singapura adalah negara kedua terkaya di Asia dan termasuk ke dalam 10 besar negara terkaya di dunia. Pendapatan per kapitanya: US$52.841 (Rp708,07 juta).

2. Brunei Darussalam

brunnei

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara terkaya di benua Asia. Di kawasan Asia Tenggara, negara ini merupakan negara terkaya kedua.Brunei Darussalam memiliki tambang gas yang melimpah sehingga sumber daya alam inilah yang menjadi komoditas unggulan yang diekspor ke negara lain. Sektor tambang gas menjadi penyumbang devisa terbesar bagi negara. Pendapatan per kapitanya : US$36.609 (Rp490,56 juta).

3. Malaysia

Malaysia

Perkembangan ekonomi Malaysia dalam beberapa tahun terakhir ini terus menunjukkan grafik peningkatan. Tak heran bahwa negara Malaysia merupakan negara terkaya ketiga di wilayah Asia Tenggara. Pendapatan per kapitanya : US$9.766 (Rp130,85 juta).

Baca Juga : Jepang Tangani Beratnya Lawan Virus Corona

4. Thailand

Thailand

Pendapatan negara Thailand kebanyakan juga berasal dari hasil ekspor produk berteknologi. Misalnya, komponen elektronik, kendaraan bermotor dan perangkat listrik. Ditambah dengan sektor pertambangan dan pariwisata. Pendapatan per kapitanya : US$5.816 (Rp83,17 juta).

5. Indonesia

Indonesia-bendera

Banyak sumber daya alam dan komoditas unggulan yang dimiliki oleh Indonesia, karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Hal ini didukung oleh iklim tropis dan banyaknya hutan hujan tropis yang membuat keanekaragaman hayati Indonesia sangat berlimpah. Pendapatan per kapitanya : US$3.347 (Rp44,85 juta).

Meskipun demikian, hal yang lebih penting adalah kesejahteraan dan kemakmuran rakyat harus menjadi salah satu bagian yang terpenting.

Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah Indonesia dalam menciptakan negarayang lebih baik!