Fakta Menarik Dari Negara Swiss

Fakta Menarik Dari Negara Swiss

Negara Swiss – Apa yang kamu pikiran jika berbicara tentang Swiss? Tax haven country (negara bebas pajak)? Bank dengan sistem keamanan tercanggih? Pemandangan pedesaan yang menakjubkan? Swiss chocolate, Swiss watches? Rasanya ada lebih dari 10 merk jam asal Swiss.

Nah, seorang kawan bercerita tentang 4 fakta unik tentang negara Swiss yang perlu kamu tahu selain tentang hal-hal di atas. Apa saja kah itu? Yuk simak…

Political System

Swiss memiliki sistem politik paling “egalitarian” di dunia. Hampir setiap 4 bulan Swiss nationality melakukan referendum secara langsung jika ingin mengubah konstitusi. Rakyat juga bisa menginisiasi untuk mengubah konstitusi jika jumlah minimum petisi (yang hanya perlu dukungan dari 100 ribu orang) dipenuhi.

Hal unik lainnya, negara ini tidak memiliki orang Nomer 1, yang artinya paling berkuasa. Tapi mereka punya yang namanya 7 Executive Council yang dipilih setiap 4 tahun sekali oleh Federal Parlemen. Dan dari 7 member tersebut dipilih Presiden dan wakilnya setiap tahunnya. Sebuah masa jabatan yang amat singkat bukan?

Yang lebih lucunya, Presiden atau Wakil Presiden tidak memiliki kekuasaan lebih atas member yang lain. Lalu buat apa mereka dipilih? Katanya sih hanya sebatas simbol. Mungkin karena ini juga, Swiss has the most stable political system in Europe or even in the world.

4 Bahasa Resmi di 26 Canton

Swiss adalah Negara Konfederasi yang terdiri dari 26 negara bagian atau yang disebut canton, yang masing-masing punya cara sendiri mengatur wilayahnya (diluar mata uang, dan sistem pemerintahan). In term of tax, jadi disini bisa juga “canton shopping” instead of “treaty shopping” (buat yang ngerti aja ).

Swiss punya 4 bahasa resmi yang digunakan di 26 canton: German, French, Italian dan Rumanstch dimana 70% lebih orang menggunakan German. Di Lausanne sendiri, ibukota Canton Vaud, bahasa resminya adalah bahasa perancis.

Swiss Punya Militer ga sih?

Swiss adalah salah satu Negara paling netral di dunia, mereka tidak akan pernah mau terlibat dalam konflik siapapun atau jadi aliansi manapun. Ketimbang buat beli senjata, Swiss lebih memilih uang yang mereka miliki untuk belanja yang lain. Prinsip mereka: tidak ada satu daerah pun di Swiss yang tidak terjangkau transportasi massal (mass transportation). Itulah kenapa mereka juga sampai merasa perlu membangun stasiun kereta di atas puncak tertinggi Eropa.

Lalu, kalau begitu apakah benar Swiss tidak memiliki pasukan militer? Tidak benar.

Faktanya, Swiss tetap memiliki pasukan militer, namun hanya sebatas untuk pertahanan diri saja jika sewaktu-waktu mereka menghadapi bahaya keamanan dari negara luar.

Yang lebih menarik, setiap warga negara Swiss dari umur 18 tahun s/d 30 tahun wajib ikut Wajib Militer (WaMil) selama 1 bulan penuh dalam 1 tahun, dan wajib menjalaninya setiap tahun. Tidak memandang status sosial, kaya ataupun miskin semua akan disamakan. Jadi keadaan ini akan sangat baik sekali untuk meningkatkan rasa saling mengenalnya satu sama lain sehingga disparitas antara si kaya dan si miskin akan bisa berkurang. Dan jika sewaktu-waktu terjadi perang, semua warga negara Swiss akan bisa langsung turun untuk bertempur.

Yang Bikin Mereka Maju?

Swiss hampir tidak memiliki sumber daya alam (natural resources). Jadi hampir pasti mereka bakal menjalin mitra dagang dengan Negara manapun di dunia.

Tapi apa yang bikin mereka maju ya? Kuncinya ada pada efisiensi dan efektivitas waktu bekerja. Orang Swiss tidak gila kerja. Jam 18.00 semua toko dan kantor sudah tutup, hari Minggu jangan harap ada toko yang buka, waktunya “me time“, kota sepi semua pada liburan ke gunung.

Menarik bukan? Nah, bagaimana apa kalian tertarik berkunjung ke Swiss atau malah berniat untuk menjadi warga negara Swiss?

Negara : Switzerland
Ibukota : Bern
Area : 41.285 km2
Populasi : 8.279.700 Jiwa
Bahasa : Jerman, Prancis, Italia , Romansh dan Latin
Pemimpin Negara : Doris Leuthard
Waktu : ( CET ) (UTC+1)
Kode Tlp : +41
Mata Uang : Franc Swiss

One comment

  1. I often visit your blog and have noticed that you don’t update it
    often. More frequent updates will give your site higher rank
    & authority in google. I know that writing content
    takes a lot of time, but you can always help yourself with miftolo’s tools which will shorten the time
    of creating an article to a couple of seconds.

Leave a Reply

Your email address will not be published.