Categories: News

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya – Baru-baru ini terdengar kabar yang kurang mengenakkan mengenai kecaman WHO kepada negara-negara kaya terkait monopoli Vaksin dari Covid 19.

Vaksin virus corona telah menjadi salah satu senjata utama saat ini yang diyakini dapat memerangi virus mematikan itu. Namun dalam produksi dan distribusinya, hingga saat ini masih mendapatkan banyak masalah.

Salah satu masalah tersebut adalah adanya monopoli dari negara-negara kaya dalam membelanjakan vaksin mereka langsung kepada produsen. Hal itu telah menyebabkan monopoli pasokan vaksin dan membuat negara-negara berkembang dan miskin semakin terancam kekurangan pasokan.

Ketika negara berkembang dan miskin kekurangan pasokan, maka bisa tertinggal dalam kampanye vaksinasi http://162.214.117.184/. Jika sudah demikian, negara tersebut dapat menjadi tempat bagi berkembangnya strain varian baru dan virus bisa menyerang balik.

1. Negara kaya mempengaruhi pasokan vaksin dunia

Kemelut tentang pasokan dan distribusi vaksin virus corona telah menimbulkan banyak polemik. Salah satunya adalah pengaruh negara-negara kaya yang telah melakukan pendekatan langsung terhadap produsen dan itu dianggap mempengaruhi skema distribusi COVAX, sebuah skema pembagian vaksin yang adil bagi dunia.

Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengkritik tindakan yang dilakukan oleh negara-negara kaya tersebut. Menurutnya, beberapa negara kaya telah mendapatkan lebih banyak vaksin. Tindakan tersebut telah mempengaruhi “kesepakatan (produsen) dengan COVAX, dan bahkan jumlah (vaksin) yang dialokasikan untuk COVAX menjadi berkurang karena hal ini.” Tedros tidak menyebut negara mana saja dan juga tidak menyebutkan rincian mengenai tindakan monopoli tersebut.

Tedros menyampaikan bahwa dia berharap negara-negara kaya menghormati kesepakatan COVAX dan mempertimbangkan untuk membuat kesepakatan dengan produsen. Negara kaya harus memikirkan bahwa kesepakatan mereka dengan produsen tidak akan mengganggu pasokan vaksin yang telah dilakukan oleh COVAX dengan produsen.

2. Negara G-7 sepakat memberikan bantuan dana tambahan

Boris Johnson saat membuka pertemuan virtual tersebut berpidato dan mengatakan bahwa “Ini adalah pandemi global dan tidak ada gunanya satu negara berada jauh di depan negara lain,” ujarnya.

Kanada, Prancis, Jerman, Jepang, Italia, Inggris dan Amerika Serikat adalah negara yang tergabung dalam G-7. Dalam pertemuan tersebut, mereka bersepakat akan mengutip dana kolektif sebesar 7,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp106 triliun guna membantu WHO sebagai upaya program vaksin yang didukung oleh PBB.

Tedros mengucapkan terima kasih atas janji bantuan tersebut yang ia anggap sebagai “signifikan.” Tedros juga menyatakan bahwa “Cara terbaik untuk melindungi Anda tidak hanya memvaksinasi Anda, tetapi juga memvaksinasi seluruh dunia, berbagi vaksin dengan seluruh dunia.”

Sebelumnya, Tedros pernah mengatakan akan terjadi kegagalan moral jika dunia tidak bersatu dalam distribusi vaksin secara merata ke negara-negara yang miskin dan rentan. Penimbunan vaksin dan nasionalisme vaksin tidak akan dapat menyelesaikan pandemi yang berlangsung saat ini.

3. Upaya meningkatkan produksi vaksin agar dapat berbagi

Vaksin virus corona jelas saat ini menjadi sesuatu hal yang langka. Vaksin tersebut telah menjadi kebutuhan mendesak sebagai salah satu obat yang dianggap mujarab untuk menghentikan virus corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok pada tahun 2019 lalu.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron telah mendesak negara-negara kaya untuk berbagi pasokan vaksin mereka sebanyak 4 sampai 5 persen ke negara-negara berkembang di Afrika secepat mungkin.

Jerman juga sepakat akan membantu namun menolak mengatakan jumlah bantuannya. “Ini tidaklah mudah tapi ini adalah masalah kemanusiaan,” kata kepala negara Jerman.

admin

Recent Posts

6 Negara Asia Tenggara Paling Kaya dan Miskin

6 Negara Asia Tenggara Paling Kaya dan Miskin - Bahkan sebelum kedatangan orang Eropa, Asia…

3 weeks ago

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia - Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami…

6 months ago

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan - Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah…

9 months ago

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya - Fakta Dubai yang Tak Diketahui Orang, Di…

9 months ago

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia - Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi…

9 months ago

Negara dengan Kekayaan Hutan Terbesar

Negara dengan Kekayaan Hutan Terbesar -  Kali ini daftarnegaraterkaya akan memberikan artikel yang membahas tentang…

10 months ago

This website uses cookies.