Categories: Asia

Kekayaan dan Profil Negara Taiwan

Daftarnegaraterkaya.web.id – Taiwan merupakan sebuah negara pecahan dari Republik Rakyat tiongkok (China), Taiwan memisahkan diri dari China diakibatkan perbedaan ideologi. Luas pulau Taiwan hanya sekitar 36.193 km2, dengan jumlah penduduk sebanyak 23.468.748 jiwa. Negara ini juga dikenal dengan sebutan formosa yang berarti pulau yang indah. Selama satu dasawarsa ini, bersama Korea Selatan, Hongkong, dan Singapura negara ini memprioritaskan pembangunanya dari bidang agraria ke industri. Saat ini Taiwan tergolong negara maju di dataran Asia. Taiwan juga dijuluki sebagai macan industri dunia baru dengan kemajuan perekonomian yang begitu pesat.

Profil Taiwan

  • Nama : Republik Tiongkok (Zhōnghuá Mínguó)
  • Luas : 36.193 Km2
  • Ibukota : Taipei
  • Penduduk : 23.468.748
  • Pemerintahan : Republik Semi Presidensial
  • Republik didirikan : 1 Januari 1912
  • Bahasa : Mandarin
  • Agama Mayoritas : Kristen, Konghuchu, Buddha, Islam, Lainya
  • Mata Uang : Dollar Baru Taiwan
  • Perkapita : U$D 22.083
  • Lagu Kebangsaan : Our Aim Shall be to Found a Free Land

Pemerintahan Taiwan

Taiwan memiliki ibukota bernama Taipei dengan sistem pemerintahan negara semi Presidensial, Kepala pemerintahan Republik Tiongkok adalah seorang Presiden, yang memiliki masa jabatan selama 4 tahun. Presiden mempunyai kekuasaan atas 4 cabang (Yuan) yaitu Yuan Eksekutif, Yuan Perwakilan, Yuan Kehakiman, dan Yuan Pengawas. Presiden melantik anggota Yuan Eksekutif sebagai anggota kabinetnya termasukPerdana Menteri yang bertanggungjawab terhadap polisi dan pengendalian ketertiban. Badan utama perwakilan merupakan Dewan Perwakilan Rakyat dengan jumlah kursi sebanyak 225 dimana 168 darinya diisi oleh anggota hasil pemilu langsung. Sisanya dibagikan secara proporsional antara keseluruhan yang diterima partai (41 kursi), wilayah seberang lautan 8 kursi) dan kursi khusus penduduk asli Taiwan (8 kursi). Para anggota dewan ini memiliki masa jabatan 3 tahun. Pada awalnya Dewan Konstituante Nasional, sebagai badan konstitusi dan wakil rakyat umumnya, mempunyai sedikit kekuasaan legislatif, akan tetapi dewan ini telah dihapuskan pada tahun 2005 dan kekuasaan untuk merancang konstitusi diserahkan kepada Yuan Perwakilan dan pemilih dari kalangan rakyat.

Penduduk Taiwan
Taiwan memiliki jumlah penduduk yang lumayan padat, jumlah penduduk Taiwan saat ini diperkirakan sekitar 23.468.748 jiwa. Mayoritas penduduk Taiwan beretnis Tionghoa karena ada pengaruh dari kebudayaan China, dan ada juga etnis lain seperti para imigran dari India, Fillipina, bahkan Indonesia di negara ini. Mayoritas penduduk Taiwan beragama kristen, konghuchu, buddha dan sebagian ada juga Islam selain itu penduduk Taiwan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Mandarin.

Perekonomian Taiwan
Pada awalnya, perekonomian Taiwan secara keseluruhan berorientasi pada sektor agraris. Kemudian terjadi pergeseran orientasi perekonomian ke bidang industri. Adapun bentuk pengembangan industri di Taiwan didominasi oleh jasa konstruksi, perbankan, indsutri elektronika, komputer dan semikonduktor yang telah diakui kualitasnya di pasar internasional, perkapalan, jasa penerbangan dan transportasi. Selain itu, Taiwan juga memiliki pusat jasa di bidang pelayaran, kargo dan penerbangan yang memiliki reputasi yang cukup baik dan cukup kuat (Anon, n.d.). Dengan demikian, adanya krisis Asia yang terjadi di tahun 1997 tidak terlalu berpengaruh terhadap perekonomian Taiwan jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia. Keberhasilan ekonomi Taiwan memberi peluang bagi penduduknya bepergian ke luar negeri untuk urusan bisnis , edukasi dan juga vokasi. Setelah kembali ke Taiwan, mereka yang banyak dipengaruhi oleh nilai kebebasan individu dan masyarakat pluralis dari luar tidak mungkin bertahan di bawah rezim autoritarian. Oleh karena itu, secara perlahan masyarakat Taiwan hidup di bawah pemerintahan yang lebih demokratis. Saat ini pendapatan perkapita Taiwan mencapai $22.083/tahun.

Wisata di Taiwan
Taiwan juga mulai mengembangkan sektor pariwisatannya, terbukti dengan tingkat pembangunan ekonominya yang mulai maju. Taiwan juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut destinasi wisata yang ada di Taiwan.

1. Menara Taipei 101
Wisata menarik pertama dan paling populer di Taiwan ialah Menara Taipei 101, berada di pusat kota Taipei, Ibu kota Taiwan menara ini mempunyai 101 lantai dan para wisatawan dapat menikmati pemandangan kota Taiwan yang indah secara keseluruhan dari lantai 91 dengan ketinggian 509 m. Selain itu, lift pada menara ini juga tercatat sebagai salah satu lift tercepat di dunia.

2. Hualien
Jika mencari wisata alam yang indah Hualien adalah tempat yang cocok bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam. Hualien merupakan sebuah kawasan yang diapit oleh Samudera Pasifik dan barisan pegunungan. Di kawasan Hualien ini terdapat pemandangan alam yang sungguh lengkap dari gunung, sungai, sawah, padang bunga, hingga pantai dapat wisatawan nikmati di sini.

3. Yunlin
Jika mencari wisata yang tenang dan damai Yunlin dapat menjadi pilihan utama wisatwan untuk dikunjungi. Tempat ini sepi dikarenakan sebagian penduduknya telah pindah ke kota lainnya untuk bekerja dan melanjutkan sekolah. Objek wisata yang dapat dijumpai di Yunlin ialah berupa hamparan sawah, sungai dan perkebunan yang indah. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Museun Madu dan Boneka Tangan sebagai sarana edukasi.

Baca Juga : Kekayaan dan Profil Negara Korea Selatan

4. Yangmingshan National Park
Selain wisata alam Hualien ternyata Taiwan juga mempunyai sebuah taman nasional yang indah dan menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Terletak tidak jauh dari pusat kota Taipei taman nasional Yangmingshan mempunyai panorama alam mempesona dan sayang untuk dilewatkan. Hal menarik yang dapat dilakukan di tempat ini ialah dengan meilhat jajaran pegunungan yang indah, danau, serta padang rumput yang sekitarnya dikelilingi oleh tebing berbatu. Lebih baik mengunjungi tempat ini pada bulan Februari hingga Maret karena akan dipenuhi dengan bunga bermekaran.

5. Kota Tua Jiufen
Jiufen merupakan sebuah kota tua yang ada di Taiwan, kota ini sangatlah tenang dan damai serta memiliki panorama yang menakjubkan. Arsitektur bangunan yang masih terkontaminasi dengan kebudayaan China membuat tempat ini mempunyai ciri khas tersendiri. Tidak mudah untuk dapat sampai ke kota tua ini, wisatawan harus menempuh jalan yang berliku-liku, sempit dan curam. Tapi tidak perlu khawatir karena pemandangan yang ditawarkan akan sangat sebanding dengan proses perjalanan yang ditempuh.

6. Martyr Shrine
Setelah menjelajahi wisata alam dan melihat keindahan panorama kota Taiwan dari atas menara Taipei 101, ada baiknya wisatawan berkunjung ke salah satu tempat bersejarah di Taiwan yaitu Martyr Shrine sebuah tempat wisata yang sangat bersejarah bagi masyarakat Taiwan. Kuil ini didirikan pada tahun 1969 dan terletak di atas Gunung Chingsan, menurut sejarah Martyr Shrine atau Kuil Para Martir ini dibangun untuk semua rakyat Taiwan yang telah rela berkorban dan berjuang dalam perang. Selain itu, dikuil ini wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam yang begitu indah khususnya pemandangan Sungai Keelung yang sangat tenang dan damai.

7. Kota Kaohsiung
Selain mengunjungi ibu kota Taipei dan kota tua Jiufei, wisatawan juga dapat mengunjungi salah satu kota bersejarah lainya di Taiwan yaitu kota Kaohsiung. Kota ini merupakan salah satu kota yang telah berkembang menajdi kota yang modern di Taiwan. Banyak gedung-gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan, hingga Dream Mall yang merupakan sebagai pusat perbelanjaan terbesar Taiwan yang dapat dikunjungi oleh ara wisatawan. Menarik lagi di kota ini juga masih banyak terdapat dapat kuil-kuil bersejarah yang menawan dan patung Buddha raksasa. Tempat wisata lain yang dapat wisatawan kunjungi selama berada di kota ini ialah Love River dan Biara Fo Guang yang menjadi tempat patung-patung Buddha raksasa tersebut berada.

8. KotaTaipei
Wisata utama yang harus wisatawan kunjungi selama berada di negara Taiwan ialah ibukotanya Taipei. Taipei merupakan kota metropolis dan surganya para pencinta fashion. Taipei juga merupakan pusat perekonomian Taiwan maka tidak heran jika terdapat banyak gedung-gedung pencakar langit di kota ini karena banyak perusahaan-perusahaan asing berdiri di sini. Pemandangan indah akan wisatawan dapatkan pada malam har, gemerlap dan kemewahan lampu-lampu membuat kota ini seakan tidak pernah mengalami malam. Selain itu,beberapa tempat menarik yang dapat wisatawan kunjungi ditempat itu ialah Restauran yang menyediakan masakan-masakan khas Taiwan, Kuil Confucius yang dibangun pada tahun 1879 pada zaman Dinasti Qing, Yangmingshan National Park, Gedung Memorial Chiang Kai- Shek, Martyr Shrine, Kuil Longshan, dan masih banyak lagi.

9. Ximending
Puas berjalan-jalan di kota Taiwan ada baiknya untuk singgah tempat perbelanjaan yang satu ini bernama Ximending merupakan sebuah pusat perbelanjaan perpaduann antara budaya kuno dan modern.Area ini juga dikenal dengan ‘Theater Merah’, sebuah bangunan kuno untuk menghelat pertunjukan dan pameran. Selain itu, Jalan yang merupakan pusat perbelanjaan ini adalah tempat dimana bioskop pertama didirikan di Taiwan. Gedung bioskop tersebut masih berdiri di sini bersama beberapa rumah makan di sekitarnya. Sekarang ini, Ximending menjadi tempat belanja yang populer Taipei karena toko-toko di jalan ini menyediakan produk-produk seperti pakaian dan souvenir dengan harga murah.

10. Sun Lake Moon
Taiwan juga memiliki sebuah wisata danau yang indah, Sun Lake Moon merupakan danau tebesar di Taiwan. Hal menarik yang dapat wisatawan lakukan di tempat ini ialah dengan menaiki cable car untuk melihat semua pemandangan Sun Like Moon dari atas. Selain mengendarai cable car wisatawan juga dapat menggunakan jasa sewa perahu guna menyusuri keindahan danau Sun Lake Moon, waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini ialah sore hari karena pemandangan yang didapatkan akan terasa lebih hidup dan berwarna.

admin

Recent Posts

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya - Baru-baru ini terdengar kabar yang kurang mengenakkan mengenai kecaman…

2 months ago

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia - Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami…

5 months ago

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan - Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah…

7 months ago

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya - Fakta Dubai yang Tak Diketahui Orang, Di…

7 months ago

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia - Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi…

8 months ago

Negara dengan Kekayaan Hutan Terbesar

Negara dengan Kekayaan Hutan Terbesar -  Kali ini daftarnegaraterkaya akan memberikan artikel yang membahas tentang…

8 months ago

This website uses cookies.