Categories: Asia

Kekayaan Sultan Brunei Darussalam

daftarnegaraterkaya.web.id – Kekayaan Sultan Brunei melebihi Raja Arab , Sultan Brunei yang bernama Hassanal Bolkiah ini memang berasal dari hasil alam negaranya ini ternyata sudah melebihi kekayaan Raja Salman dari Arab.

Menurut laporan Business Insider, pada 2018 kekayaan Sultan Hassanal Bolkiah terhitung sebesar USD 20 miliar. Angka itu lebih tinggi USD 3 miliar dari Raja Salman, dan masih di atas Emir Uni Emirat Arab dan Qatar.

Baca juga : Kekayaan Woodside

Hassanal Bolkiah, yang memiliki nama dan gelar lengkap Jenderal Sultan Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah GCB GCMG, memperoleh kekayaan dari bisnis di industri minyak dan gas. Ia juga bertempat tinggal di istana termegah di dunia, yaitu Istana Nurul Iman.

Di samping bisnis energi, di bawah kepemimpinan sang sultan, BUMN Brunei berhasil memperoleh Hotel Dorchester di London dan Hotel Beverly Hills di California. Setelahnya, ada 10 hotel bintang lima yang dimiliki BUMN tersebut di bawah operator bernama Dorchester Collection.

Sultan Hassanal dikenal menyukai emas, dan dikenal luas mengoleksi mobil Roll-Royce. Bahkan, salah satu mobilnya dilapisi emas 24 karat.

Baca juga : Kekayaan Hillsborough

Sebetulnya, Sultan Hassanal juga sudah berlangganan muncul di daftar orang-orang terkaya di Forbes. Saat ini, satu-satunya raja yang mengalahkannya dalam hal kekayaan adalah Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn.

Sultan Hassanal merupakan Perdana Menteri pertama di Brunei. Ia pertama kali menjabat pada 4 Oktober 1967, dan merupakan pemimpin monarki tertua kedua di dunia setelah Ratu Elizabeth II.

Pengaruh besar yang dimiliki oleh Sultan Brunei membuat ia dan keluarganya bisa mengontrol aset negara dalam jumlah yang signifikan. Bukan hal aneh lagi jika keluarganya bisa menikmati gaya hidup papan atas, salah satunya adalah Pangeran Abdul Mateen.

Dengan kekayaan sang ayah yang mencapai US$ 20 miliar, pangeran muda ini tentu bisa melakukan semua hal yang ia inginkan. Gaya hidupnya pun penuh kemewahan. Dari unggahan foto di media sosialnya, ia terlihat senang berolahraga polo, terbang dengan pesawat pribadi serta memiliki berbagai jenis hewan peliharaan eksotis.

Meski demikian saat sang pangeran di wawancara oleh majalah dari Thailand, mereka menggolongkan pangeran sebagai orang yang rendah hati dan tidak suka memamerkan kekayaan keluarganya. Ia juga dikatakan sebagai sosok yang suka menghabiskan waktu bersama teman serta kerabat terdekat.

Pangeran Mateen lahir pada 10 Agustus 1991. Ayahnya merupakan Sultan Brunei Darussalam sementara ibunya Puan Hjh Maryam adalah istri kedua sultan.

admin

Recent Posts

6 Negara Asia Tenggara Paling Kaya dan Miskin

6 Negara Asia Tenggara Paling Kaya dan Miskin - Bahkan sebelum kedatangan orang Eropa, Asia…

3 weeks ago

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya - Baru-baru ini terdengar kabar yang kurang mengenakkan mengenai kecaman…

3 months ago

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia - Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami…

6 months ago

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan - Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah…

9 months ago

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya - Fakta Dubai yang Tak Diketahui Orang, Di…

9 months ago

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia - Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi…

9 months ago

This website uses cookies.