Categories: Asia

Mengenai Lebih Tentang Kota Makau

Kota Makau – Macau Special Administrative Region atau MSAR merupakan wilayah termuda Republik Rakyat China yang terletak di kawasan pantai China bagian tenggara. Kota ini berbatasan langsung dengan Guangdong, dan berjarak 60 kilometer dari Hong Kong Special Administrative Region dan 145 kilometer dari Kota Guangzhou.

Wilayah Makau memiliki luas total 28,6 kilometer persegi. Batas geografis dimulai dari perbatasan Semenanjung Makau seluas 9,3 kilometer persegi hingga ke wilayah dataran besar negara China, Pulau Taipa seluas 6,5 kilometer persegi, Pulau Coloane seluas 7,6 kilometer persegi, serta kawasan Cotai seluas 5,2 kilometer persegi.

Dari sisi infrastruktur penghubung, ada tiga jembatan yang menghubungkan Makau ke kawasan lainnya, yakni Jembatan ’Nobre de Carvalho’ sepanjang 2,5 kilometer, Jembatan Persahabatan sepanjang 4,5 kilometer, dan Jembatan Sai Van dengan panjang 2,2 kilometer. Jembatan Persahabatan ini juga menjadi penghubung menuju Bandara Internasional Makau yang terletak di Pulau Taipa.

Sedangkan Jembatan Sai Van yang diresmikan 9 Januari 2005 merupakan jembatan pertama di Makau yang disangga dengan kabel. Jembatan bertingkat dua ini mempunyai enam lorong di bagian atas dan empat lorong di bagian bawah. Lorong-lorong ini bisa dibuka jika ada bencana angin topan melanda wilayah Makau.

Dari data Macau Government Tourist Office (MGTO), tahun 2007, populasi penduduk Makau diperkirakan mencapai 538.000 orang, 94 persen merupakan warga China terutama etnis Guangdong dan Fujian. Sisanya 6 persen terdiri dari kaum Portugis, Eropa, dan etnis Asia.

Bahasa pengantar Makau ada dua, yakni bahasa China dan Portugis. Selain itu, dialek Kantonis juga merupakan bahasa yang kerap digunakan masyarakat Makau. Bahasa Portugis dan China ini digunakan di dalam semua dokumen resmi negara dan untuk berkomunikasi dalam kegiatan kenegaraan. Di sisi lain, keberadaan bahasa Inggris hanya digunakan untuk kegiatan perhubungan, pariwisata, dan perdagangan.

Karena terletak di persimpangan antara dataran China dan Laut China Selatan, Makau memiliki musim panas dan musim hujan. Letak geografis seperti ini juga memengaruhi pola cuaca karena sesekali hujan masih bisa dijumpai di musim panas. Jika hendak berwisata ke Makau, disarankan memilih periode bulan Oktober sampai Desember atau Januari hingga Februari karena Makau mengalami musim hujan sekaligus dingin. Bahkan, di beberapa kawasan suhu bisa mencapai 10 derajat Celsius.

Mata uang Makau adalah pataca (MOP$$) yang memiliki nilai kurs jual dan beli sama dengan mata uang Hongkong (HK$$). Mata uang dollar Hongkong juga bisa digunakan di Makau. Penukaran mata uang asing bisa dilakukan di hotel, bank, dan money changer atau tempat penukaran uang asing.

Negara : Makau
Ibukota :
Area : 30.3 km2
Populasi : 642.900 Jiwa
Bahasa : Mandarin Dan Portugis
Pemimpin Negara : Fernando Chui
Waktu : (UTC+8)
Kode Tlp : +853
Mata Uang : Pataca Makau

admin

Recent Posts

INI 10 RAJA/RATU TERKAYA

INI 10 RAJA/RATU TERKAYA - Bukan nya kalian sudah tau banyak raja/ratu terkaya di eropa?…

3 months ago

Rekomendasi Game Fighting Terbaik

Rekomendasi Game Fighting Terbaik - Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat banyak sekali genre permainan…

11 months ago

Pencetak Gol Tertua di Liga Champions

Pencetak Gol Tertua di Liga Champions - Saat ini sudah semakin banyak orang yang bergabung…

11 months ago

Rekomendasi Game Online Perang Terbaik

Rekomendasi Game Online Perang Terbaik - Seperti yang kita semua ketahui bahwa game perang merupakan…

11 months ago

Daftar Rekan Setim Valentino Rossi Musim Ini

Daftar Rekan Setim Valentino Rossi Musim Ini - Seperti yang kita ketahui bahwa Valentino Rossi…

12 months ago

Daftar Pemain Aktif di Liga Inggris

Daftar Pemain Aktif di Liga Inggris - Seperti yang kita ketahui bahwa Liga Inggris memiliki…

12 months ago

This website uses cookies.