Categories: News

Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Dunia

Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Dunia  – Jumlah penduduk merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Seiring dengan bertambahnya waktu, pertumbuhan jumlah penduduk di beberapa negara seolah tak terkendali sehingga menjadikan negara itu sebagai salah satu negara terpadat di dunia. Berikut ini daftar negara terpadat di dunia tahun 2020. Ada Indonesia tidak, ya?

Negara Terpadat di Dunia 2020
Berikut ini daftar negara terpadat di dunia 2020 yang didasarkan pada negara yang memiliki jumlah penduduk yang banyak. Data ini dilansir dari The United States Census Bureau yang diambil pada Juli 2020.

1. Tiongkok (1,39 miliar jiwa)

Tiongkok memang dikenal sejak dulu sebagai negara terpadat di dunia. Pertumbuhan jumlah penduduk terus bertambah hingga kini menyentuh angka 1,39 miliar jiwa.

Perekonomian Negara Tirai Bambu ini sangat maju dan memberi dampak besar bagi perekonomian dunia. Mereka mengembangkan produk lokal di semua industri. Tak heran jika Tiongkok sangat mandiri dalam bidang ekonomi.

Pariwisata di negara ini juga terpromosikan dengan baik. Meskipun begitu, kesenjangan sosial juga masih ditemukan.

2. India (1,32 miliar jiwa)

Negara terpadat di dunia nomor dua adalah India. Dahulu, mata pencaharian penduduk India didominasi oleh bidang pertanian dan peternakan.

Kini, industri film Bollywood cukup maju bahkan mengantarkan sebagian aktor, aktris, dan sineas lainnya ke kancah internasional. Kemudian bidang IT juga dikuasai oleh banyak SDM India yang berkualitas. Mereka banyak bekerja di perusahaan multinasional di kantor cabang India maupun di negara lain.

Tetapi, kesenjangan sosial di negara ini juga menjadi sorotan banyak media internasional. Area pemukiman kumuh, sungai kotor, dan kesejahteraan warganya masih memperihatinkan.

Hal ini diperburuk lagi dengan sistem pembedaan kasta masyarakat yang tidak terlepas dari pengaruh agama dan budaya.

3. Amerika Serikat (329 juta jiwa)

Negara terluas nomor empat di dunia ini juga memiliki jumlah penduduk yang tak kalah banyak. Walau tak memiliki sumber daya alam (SDA) yang mumpuni, namun AS mampu menjadi salah satu negara paling berpengaruh dalam perekonomian dunia.

Negara Adidaya maju dalam beberapa industri. Mulai dari industri perfilman, perbankan, media massa, ketahanan militer, dan masih banyak lagi. Di sisi lain biaya hidup di kota-kota besar di AS sangat mahal. Penanganan kebersihan dan gelandangan di AS juga masih kurang optimal.

4. Indonesia (267 juta jiwa)

Warga +62 pasti sudah tak heran jika negaranya masuk ke dalam daftar negara terpadat di dunia. Bagaimana tidak, wilayah yang luas membuat warganya tersebar di 34 provinsi.

Angka kelahiran juga terus bertambah akibat usia layak menikah yang terhitung cepat, serta prinsip “banyak anak banyak rejeki” yang berkembang di masyarakat.

Soal perekonomian, beberapa start up lokal yang mulai bermunculan menjadi pertanda baik. Kini, rasanya kita semua harus fokus pada kualitas dan pemerataan pendidikan untuk meningkat kualitas SDM lebih baik lagi.

5. Pakistan (233 juta jiwa)

Negara di Asia Selatan ini juga memiliki jumlah penduduk yang banyak. Suku yang ada di Pakistan antara lain Suku Punjabi sebagai suku mayoritas, suku Sindhi, dan Pashtun, dan suku Balochi.

Sayangnya, sejak tahun 2019, Pakistan sedang mengalami krisis ekonomi. Inflasi dan utang Pakistan semakin sulit terkendali sehingga pemerintahnya meminta keringan pembayaran utang negara pada IMF. Di sisi lain, negara yang merdeka pada tahun 1947 ini memiliki kekuatan militer yang cukup kuat.

6. Nigeria (214 juta jiwa)

Jika kamu datang langsung ke Nigeria, maka kamu akan melihat sendiri kepadatan penduduknya. Area pemukiman begitu berdekatan dan jumlah penduduknya pun banyak.

Salah satu negara terpadat di dunia ini rupanya memiliki pendapatan perkapita yang cukup tinggi untuk ukuran negara-negara di Afrika, lho. Nigeria berhasil mengantongi pendapatan perkapita sebesar 1.963 dollar di tahun 2019.

Sayangnya, angka ini tak bisa dianggap sebagai pendapatan rata-rata warganya. Sebab perekonomian masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar. Sedangkan warganya masih banyak yang hdup dalam kemiskinan.

7. Brasil (211 juta jiwa)

Negara di daratan benua Amerika ini juga masuk ke dalam daftar negara terpadat di dunia. Negara ini sering mempromosikan pariwisatanya dengan menawarkan keindahan alam, akses yang mudah serta keramahan warganya.

Tapi, tunggu dulu. Faktanya, ancaman terbesar turis di Brasil adalah kriminalitas. Kejahatan pada turis berupa pencurian maupun penjambretan sering terjadi dengan kedok sapaan ramah penjahat sebagai warga lokal.

Jadi, tidak bisa dipungkiri bahwa kepadatan penduduk berimbas pada meningkatnya angka kriminalitas adalah benar adanya.

Baca Juga: Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Dunia

8. Bangladesh (162 juta jiwa)

Salah satu negara terpadat di dunia ini banyak dituju perusahaan asing sebagai lokasi pabrik, khususnya pabrik yang bergerak di industri tekstil. Tak mengherankan memang, sebab upah pekerja di sini terbilang murah. Inilah yang menjadikan mayoritas masyrakat Bangladesh bekerja sebagai buruh pabrik kontrak.

Kepadatan penduduk di negara ini agaknya makin sulit diatasi pemerintah. Banyak terjadi pelecehan buruh serta kasus gaji buruh yang tak dibayarkan pabrik-pabrik besar yang tidak diselesaikan dengan baik.

9. Rusia (141 juta jiwa)

Satu lagi negara maju yang juga masuk ke dalam daftar negara terpadat di dunia. Rusia merupakan negara terluas nomor wahid. Dahulu, negara ini mungkin hanya dikenal sebagai negara yang memiliki kekuatan militer yang keren.

Namun kini, Rusia juga semakin terbuka kepada dunia dengan membuka akses pariwisata dan program pendidikan untuk pelajar internasional. Di masa pandemi Covid-19, Rusia juga gencar menguji coba vaksin Covid-19 yang hingga saat ini terus dikembangkan lebih lanjut. Semua ini mampu dilakukan Rusia karena kualitas SDM yang baik serta fasilitas yang mumpuni.

10. Meksiko (128 juta jiwa)

Negara terpadat di dunia yang terakhir adalah Meksiko yang masih masuk dalam kategori negara berkembang. Untuk memaksimalkan jumlah penduduk yang banyak, pemerintah setempat terus menggenjot industri pariwisata, agar setiap warga bisa produktif.

Keindahan alam dan banyaknya situs warisan kebudayaan dan bangunan bersejarah menjadi daya tarik negara ini. Jika dibandungkan dengan tahun 2018, pertumbuhan penduduk Meksiko suda mengalami penurunan sedikit demi sedikit, setidaknya turun 1,1 persen.

Itulah daftar negara terpadat di dunia. Agar menjadi warga negara yang produktif, pastikan untuk selalu mengasah kemampuan diri dan berani mencoba hal baru, salah satunya dengan berbisnis.

admin

Recent Posts

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya - Baru-baru ini terdengar kabar yang kurang mengenakkan mengenai kecaman…

2 weeks ago

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia - Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami…

3 months ago

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan - Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah…

6 months ago

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya - Fakta Dubai yang Tak Diketahui Orang, Di…

6 months ago

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia - Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi…

6 months ago

Negara dengan Kekayaan Hutan Terbesar

Negara dengan Kekayaan Hutan Terbesar -  Kali ini daftarnegaraterkaya akan memberikan artikel yang membahas tentang…

7 months ago

This website uses cookies.