Negara pernah Kaya Kuba

Negara pernah Kaya Kuba

daftarnegaraterkaya.web.id – Negara pernah Kaya Kuba, Kuba negara berdaulat yang terdiri dari pulau Kuba, dan Isla de la Juventud serta beberapa kepulauan kecil. Kuba terletak di Karibia utara pada pertemuan Laut Karibia, Teluk Meksiko dan Samudra Atlantik.

Antara 1895 dan awal 1898 revolusi menguasai sebagian besar daerah pedesaan dan sejumlah kota, namun upaya-upaya Spanyol, yang menguasai kota-kota besar, untuk menenangkan pulau itu baru berhenti setelah AS mendudukinya dalam Perang Spanyol-Amerika pada 1898.

Baca juga : Negara pernah Kaya Latvia

Kuba mendapatkan kemerdekaannya pada 1902, meskipun dibatasi oleh Amendemen Platt, yang memberikan kepada AS pengaruh besar dalam urusan-urusan Kuba dan mengharuskan Kuba menyewakan Teluk Guantanamo kepada AS. Tom√°s Estrada Palma (1902-1906) adalah presiden pertama dan terpilih Kuba pada masa damai.

Kuba adalah selatan dari Florida dan Bahama, barat dari Haiti dan timur Meksiko. Kuba telah dimiskinkan bertahun-tahun oleh pemerintahan komunis. Pemerintah Kuba sebenarnya berjuang untuk menawarkan hal-hal penting, termasuk transportasi dan perumahan.

Sebelum Revolusi Kuba yang dipimpin oleh Fidel Castro, Kuba dikenal sebagai satu negara terkaya di benua Amerika, berkat booming-nya industri pariwisata dan industri gula. Kuba juga terkontaminasi oleh prostitusi, perdagangan narkoba, dan kejahatan.

Setelah revolusi, ekonomi Kuba mencapai titik terendah pada awal 90-an, dan belum benar-benar pulih sejak saat itu.