Negara pernah Kaya Mali

Negara pernah Kaya Mali

daftarnegaraterkaya.web.id – Negara pernah Kaya Mali, Mali adalah sebuah negara yang terkurung daratan (landlocked country) di Afrika Barat, sebelumnya merupakan jajahan Prancis. Negara terbesar kedua di Afrika Barat ini berbatasan dengan Aljazair di sebelah utara, Niger di timur, Burkina Faso dan Pantai Gading di selatan, Guinea di barat daya, serta Mauritania di barat.

Untuk membantu Mali merebut kembali wilayah utara negeri itu yang kini dikuasai kelompok pemberontak Islam, Dewan Keamanan PBB, menyetujui pengiriman pasukan militer Afrika.

Baca juga : Negara pernah Kaya Zimbabwe

Pemberontak Tuareg dan kelompok militan Islam yang terkait Al-Qaeda memanfaatkan kudeta pada Maret lalu untuk menguasai wilayah utara yang luas.

Salah satu negara termiskin dan terbelakang di dunia. Penduduk Mali rentan terhadap kekeringan.

Namun, sebagian besar penduduknya justru bergantung pada pertanian untuk bertahan hidup. Kekaisaran ini berkembang di bawah Kaisar Mansa Musa I, yang memerintah dari tahun 1312 hingga 1337 dan merupakan salah satu orang terkaya di dunia.

Kaisar Mansa Musa I memiliki Ā½ pasokan emas dunia, berdagang dengan pedagang dari Venesia, Genoa, Persia, dan Mesir. Selain itu, Kota Timbuktu di Mali dulu terkenal sebagai tempat berdagang, pusat budaya dan ilmu pengetahuan.

Setelah abad ke-16, kekayaan dan kekuasaan Mali telah berkurang secara drastis, dan negara ini tetap dalam kemiskinan sejak saat itu.