Categories: Amerika

Profil Dan Kekayaan Argentina

daftarnegaraterkaya.web.id Berikut ini adalah artikel yang membahas tentang kekayaan dan profil mengenai negara Argentina.

Profil Negara Argentina:

Nama Negara: Republik Argentina
Nama Resmi Negara: República Argentina
Bentuk Negara: Republik, Federal
Ibu Kota: Buenos Aires (Ciudad Autónoma de Buenos Aires (CABA))
Luas Wilayah: luas total: 3.761.274 km2, darat: 2.791.810 km2 dan laut serta Antartika: 969.464 km2
Jumlah Penduduk: 40.117.096 (resmi)Provinsi : 23 Provinsi + Kota Otonomi Buenos Aires (Ibu kota (CABA)), provinsi utama: Buenos Aires, Córdoba, Santa Fé, Entre Rios, Neuquén, Mendoza, Jujuy dan Salta dan Kota Otonomi Buenos Aires.
Lagu Kebangsaan: Himno Argentino
Agama: Kristen Katolik
Bahasa: Castellano (Spanyol)
Mata Uang: Pesos Argentinos (kurs per Desember 2016, 1 US$ = 16,00 ARS)
Hari kemerdekaan/Hari Nasional: 9 Juli 1816
Suku Bangsa/Etnis: Keturunan Eropa ( Spanyol, Italia,Jerman, Arab dan negara eropa lainnya)
Sistem Pemerintahan: Presidensial
Nama Kepala Negara: Mauricio Macri
Nama Kepala Pemerintahan: –
Nama Menteri Luar Negeri: Jorge FAURIE​
Nama Duta Besar Argentina untuk R.I (periode 2014 – 2017): Ricardo Luis Bocalandro
GDP: US$ 586 juta (2016)
GDP per Kapita: US$ 13,500

Komoditas Ekspor Utama: Produk pertanian (cereals, fats and oils, beef and related products and dairy products), kendaraan dan perlengkapannya (vehicles and parts), Bahan kimia dan sejenisnya (chemical and related products), Minyak mentah (crude oils and fuels), Logam dasar dan gelas (base metals and glassware), dll.

Keanggotaan di Organisasi Regional dan Internasional: PBB, Mercosur, ALADI, G-20, WTO, Unasur, IMF, CEPAL (economic commission for America and Caribbean), FAO (food and agriculture organization), IFAD (international fund for agriculture development), WEF ( world environment fund), MLF (Multilateral Fund for the Implementation of the Montreal Protocol), UNPF (United Nations Population Fund) PGTF – Pérez Guerrero Trust Fund, OEA (american states organization), IOM (international organization of Immigrations), ILO (International Labor Organization), IMO (international Maritime organization). UNIDO ( united nations industrial development organization), WHO(world health organization), UNDP (united nations development program), SELA (latin american and caribbean economic sistem), UNICEF (united nations children`s fund), UNIFEM – (united nations fund for the development of women), Interpol dll.

Bendera/Deskripsi mengenai bendera​: Arti warna bendera Argentina biru muda, putih dan biru muda tidak diketahui sejarah yang sebenarnya, namun yang diketahui sampai saat ini adalah bahwa pencipta bendera (Manuel Belgrano) yang menciptakan bendera pada tahun 1812, terinspirasi oleh pakaiannya Bunda Maria. Sedangkan matahari di tengah bandera yang disebut Sol de Mayo (matahari bulan Mei) adalah matahari khas suku Inca ( Sol Inti) yang diadoptasikan oleh seorang pengrajin emas asal suku Inca untuk dijadikan sebagai lambang kekayaan Argentina.

Etimologi: Nama Argentina berasal dari sebuah sungai yang ketika pertama kaliditemukan pada tahun 1516 diberi nama Rio Solis oleh penemunya yaitu Juan Diaz de Solis penjelajah asal Portugis yang dianggap sebagai orang Eropa pertama yang tiba di sungai tersebut, kemudian ketika pertama kalinya keluar dalam peta namanya diganti menjadi Rio de la Plata (sungai perak) dan pada tahun 1554 seorang pembuat peta asal Portugis mengganti namanya menjadi Terra Argentea (bahasa latin argentum = perak) dan pada tahun 1602 diterbitkan sebuah buku di Lisboa, Portugal dimana namanya diganti menjadi Argentina dan semenjak itu dikenal sebagai Argentina dan ketika penjajahan Spanyol di benua Amerika dimulai Spanyol menyebut dirinya sebagai Kerajaan Rio de la Plata.

Geografi: Luas total 3.761.274 km², yang terdiri dari luas tanah: 2.791.810 km² sebagai bagian dari benua Amerika; 969.464 km² benua Antartika (termasuk South Orkney Islands) dan kepulauan dibagian selatan (Georgias Selatan dan Sandwich Selatan).

Kondisi tanah dan laut: Argentina dapat dibagi dalam 3 bagian yang utama: tanah rendah subur di kawasan Pampa di sebelah utara yang terkenal dengan sektor pertaniannya; tanah rendah bergelombang di Patagonia di sebelah selatan sampai Tierra del Fuego; dan pegunungan Andes di barat bersebelahan dengan negara Chili, di mana puncak tertingginya ialah Cerro Aconcagua pada ketinggian 6.960 m. Sungai-sungai utama di Argentina adalah Sungai Paraguay, Bermejo, Colorado, Uruguay dan Sungai terbesarnya adalah Sungai Paraná dan memiliki Sungai yang bermuaara ke laut yaitu Sungai Rio de la Plata (Sungai Perak).

Pembagian daerah administratif: Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Kotamadya

Negara-negara tetangga: Bagian utara berbatasan dengan Bolivia dan Paraguay, bagian selatan berbatasan dengan Chile dan Samudera Atlantik Selatan. Bagian timur berbatasan dengan Brazil, Uruguay dan Samudera Atlantik Selatan dan bagian barat dengan Chile.

Iklim: 4 musim (southern hemisphere); musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Argentina memiliki perbedaan iklim yang besar dari utara yang panas dan lembab ke Antartika di selatan yang dingin dan kering.

Politik: Argentina merupakan sebuah negara Republik, demokrasi dengan sistem pemerintah Federal. Argentina memiliki 23 propinsi dan satu kota otonomi Buenos Aires sebagai ibu kota, masing-masing provinsi memiliki otonomi kepemerintahan sendiri. Cabang pemerintahan tertinggi ialah Presiden sebagai lembaga eksekutif dan panglima tertinggi angkatan bersenjata Argentina. Lembaga legislatif terdiri dari dua kamar yaitu Honorable Senado de la Nación (senator) dan Honorable Cámara de Diputados de la Nación (dewan perwakilan rakyat). Sistem yudikatif di Argentina terdiri dari Mahkamah Agung, Dewan Kehakiman, Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tinggi untuk Naik Banding.

Baca Juga : Kekayaan dan Profil Negara Paraguay

Ekonomi: Argentina merupakan emerging economy dengan GDP US$ 586 juta(2016) dan GDP per Kapita US$ 13,500 (2016), yang saat ini menjadi kekuatan ekonomi terbesar ketiga di kawasan Amerika Latin, setelah Meksiko dan Brasil. Selain memiliki sumber kekayaan alam yang berlimpah, Argentina juga didukung dengan SDM terdidik, sektor pertanian yang berorientasi pada ekspor, serta potensi industri yang maju dan cukup variatif. ​Argentina mematuhi peraturan perdagangan regional dan internasional, termasuk ALADI, MERCOSUR dan WTO. Sebagai anggota blok perdagangan MERCOSUR, bersama Brasil, Paraguay, Uruguay dan Venezuela, Argentina memberlakukan Common External Tariff (CET) sebesar rata-rata 11.5 persen dengan rentang 0 s.d. 35 persen ad valorem untuk perdagangan dengan Non-MERCOSUR. Sementara hampir seluruh produk yang diperdagangkan antar sesama anggota MERCOSUR mendapat fasilitas tariff nol persen.

Kekuatan utama industri dan ekspor Argentina terletak di sektor pertanian dan peternakan, seperti kedelai, daging sapi, jagung, anggur, bunga matahari dan gandum. Namun demikian, Argentina juga memiliki banyak keunggulan di berbagai sektor industri maju lainnya seperti bioteknologi, IT, biodiesel, otomotif, satelit, farmasi, tenaga nuklir, kompresor gas, dan industri pangan. Beberapa provinsi Argentina yang memiliki industri unggulan, seperti: Buenos Aires (pusat bisnis, pertanian), Cordoba (manufaktur, agribisnis, IT, pusat pendidikan), Santa Fe (agribisnis), Entre Rios (agribisnis), Mendoza (anggur, migas, mineral), Neuquen (migas), Jujuy (tembakau, mineral), dan San Juan (mineral).

Kebijakan Ekonomi Pemerintah Argentina sejak terpilihnya Presiden Mauricio Macri pada tanggal 10 Desember 2015, adalah mulai dilakukan upaya-upaya untuk memperbaiki ekonomi Argentina yang sebelumnya cenderung bersifat proteksionis sehingga terdapat peraturan-peraturan tertulis maupun tidak tertulis yang menghambat impor seperti pengetatan pertukaran valas, reference price, serta hambatan remitensi.

Presiden Macri menyatakan bahwa selama 12 tahun terakhir, Argentina tidak bersahabat pada para investor asing dan akan membuka diri kembali untuk menerima investasi dari luar negeri. Pada saat pemerintahan Presiden terdahulu Cristina Fernandez de Kirchner juga terdapat penjualan uang dollar gelap (dollar blue) yang cukup banyak selisihnya dengan dollar resmi sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat.

Saat ini terdapat political will yang kuat dari Presiden Macri dan Pemerintah Argentina untuk meningkatkan hubungan komersil dan investasi dengan negara-negara di kawasan Asia seperti RRT, India, dan Indonesia. Hal tersebut terlihat dari semakin meningkatnya frekuensi saling kunjungan antara pejabat tinggi dan misi dagang dalam beberapa tahun terakhir.

Terakhir di sela-sela pertemuan G-20 di Hangzhou, RRT, Presiden Mauricio Macri telah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo. Untuk mempererat hubungan kedua negara, direncanakan kunjungan Presiden Macri ke Indonesia pada bulan Maret 2017.

admin

Recent Posts

6 Negara Asia Tenggara Paling Kaya dan Miskin

6 Negara Asia Tenggara Paling Kaya dan Miskin - Bahkan sebelum kedatangan orang Eropa, Asia…

4 weeks ago

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya - Baru-baru ini terdengar kabar yang kurang mengenakkan mengenai kecaman…

3 months ago

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia - Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami…

6 months ago

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan - Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah…

9 months ago

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya - Fakta Dubai yang Tak Diketahui Orang, Di…

9 months ago

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia - Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi…

9 months ago

This website uses cookies.