Categories: Asia

WNA Diringkus Cina

daftarnegaraterkaya.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  WNA Diringkus Cina. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai WNA Diringkus Cina

Hati-hati jika mendukung demo Hong Kong kemudian malah mengunjungi China, pasalnya Pemerintah China meringkus warga negara asing atas tuduhan membantu demo di Hong Kong. Dua WNA yang sudah ditangkap berasal dari Taiwan dan Belize.

Dilaporkan Minggu (1/12/2019), pria Taiwan yang ditangkap adalah Lee Meng-Chu. Menurut media lokal China, ia diciduk oleh Komisi Keamanan Nasional Shenzhen karena dituduh memberikan rahasia nasional secara ilegal dan menjadi mata-mata dari pihak asing.

“Lee Meng-chu adalah anggota inti dari organisasi kemerdekaan Taiwan yang pernah mengunjungi Hong Kong untuk bergabung ke dalam kegiatan-kegiatan melawan China dan menyebabkan kekacauan di Hong Kong, dan menyelinap ke daratan utama untuk memata-matai rahasia militer,” tulis Guangzhou Daily.

Sebelumnya, pihak berwajib berkata memeriksa Lee terkait kegiatan yang membahayakan keamanan negara. Ia dilaporkan menyebarkan foto-foto militer China serta perlengkapannya di dekat Hong Kong. Lee diperkirakan masuk ke Shenzhen dari Hong Kong pada Agustus lalu.Selain Lee, ada pula pebisnis bernama Lee Henley Hu Xiang asal Belize yang diringkus karena dituduh membiayai organisasi anti-China di luar negeri. Ia ditangkap oleh Komisi Keamanan Nasional Guangzhou pada 26 November lalu.

Belize sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik dengan China. Negara di Amerika Tengah itu tercatat mengakui kedaulatan Taiwan sebagai negara yang berdiri sendiri.Pihak berwajib menyebut Lee Henley Hu Xiang memberikan sumbangan ke kelompok-kelompok yang menyebabkan kerusuhan di Hong Kong. Ia pun dikatakan melakukan kolusi dengan pihak asing untuk ikut campur ke urusan dalam negeri Hong Kong.

Baca Juga : Cina Tekan Angka Kemiskinan

Pemerintah China Waspada Terkait Isu Hong Kong
Sebelumnya, China juga pernah meringkus pegawai konsulat Inggris di Hong Kong, Simon Cheng, selama dua minggu. Pemerintah China curiga atas hubungan Cheng dengan warga China yang ikut demo Hong Kong.Simon Cheng mengaku disiksa selama diinterogasi, bahkan dipaksa mengaku bahwa dirinya terlibat prostitusi.

Aktivis lain, yakni Huang Xueqin asal China juga sempat diciduk pada bulan lalu karena diduga mendukung demo di Hong Kong. Meski tidak dipenjara, kediamannya kini diawasi oleh pemerintah.Demo di Hong Kong sudah berlangsung selama setengah tahun tanpa adanya titik temu. Selama ini pemerintah China memang menyalahkan negara-negara barat atas demo di yang terjadi. Salah satu pihak yang disalahkan adalah National Democratic Institute (NDI) asal Amerika Serikat.

NDI pun tidak terima dengan tuduhan itu dan menangkis tudingan China yang berkata kelompok mereka adalah “tangan hitam” yang mengendalikan demo Hong Kong. China pun disebut menyebar kabar palsu dan misinformasi.

admin

Recent Posts

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya

Kecaman WHO Kepada Negara Kaya - Baru-baru ini terdengar kabar yang kurang mengenakkan mengenai kecaman…

2 months ago

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia - Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami…

5 months ago

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan

Jalanan Kota di Dunia Nyaris Tanpa Gelandangan - Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah…

7 months ago

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya

Hal Tersembunyi Yang Ada Di Negara Dubai Terkaya - Fakta Dubai yang Tak Diketahui Orang, Di…

8 months ago

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia

Negara dengan Reputasi Terbaik Dunia - Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi…

8 months ago

Negara dengan Kekayaan Hutan Terbesar

Negara dengan Kekayaan Hutan Terbesar -  Kali ini daftarnegaraterkaya akan memberikan artikel yang membahas tentang…

8 months ago

This website uses cookies.